• PRESTASI
  • Kamis, 12 November 2015

    Posted by PUSKESMAS TURI On November 12, 2015



    UPT Puskesmas Turi selalu berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, untuk itu kami melakukan beberapa program inovasi. Program ini juga kita golongkan dalam dua kategori, diantaranya adalah :
    ·         Upaya Kesehatan Perorangan :
          1.  Penerapan Standar Pelayanan Publik
    Standar Pelayanan Publik yang sudah kita buat dan kita sepakati harus diterapkan dalam pelayanan. SPP ini kita visualkan kepada masyarakat, agar masyarakat juga mengetahui tentang standar pelayanan Puskesmas. Pelaksanaan SPP ini kita awasi dengan baik agar selalu konsisten.
    2.      Penggunaan Tehnologi Informatika dalam Pelayanan
    Penerapan program ini adalah dengan menggunakan SIMPUSTRONIK (Sistem Informasi Puskesmas secara Elektronik). Kita menggunakan sistem Simpustronik di rawat jalan (mulai Loket sampai Apotek) dan rawat Inap. Penggunaan Simpustronik ini sangat menguntungkan banyak pihak, diantaranya :
    Keuntungan Bagi Pelanggan :
    1. Antri
    §   Pelanggan tidak perlu mengantri terlalu lama di loket.
    §   Pelanggan diperlakukan dengan adil, yang datang lebih dulu dipanggil dan dilayani lebih dulu, sesuai antrian.
    §   Pelanggan tidak perlu mengantri di apotek
    2. Sikap petugas
    §   Pelanggan lama yang tidak membawa krj/tertinggal masih bisa dilayani dengan mudah
    3. Kie
    §   Pelanggan menikmati kie dengan tenang  (leflet,poster, benner, dll )
    Keuntungan bagi petugas :
    §   Kemudahan bagi petugas
                        -  pemanggilan pasien melalui   simpustronik
                        -  pelayanan obat menjadi  lebih cepat.
                        -  memudahkan mencari data pasien
                        -  data yang ada dapat  diakses menjadi laporan
    §   Kenyamanan
                       -  tidak banyak kartu / form / register yang bertumpuk  karena semua data  tersimpan dikomputer.
    Keuntungan bagi puskesmas :
    §     Image puskesmas meningkat
                            1. Pelayanan puskesmas terasa lebih mewah
                            2. Pelanggan merasa lebih  dihormati
    3. Kepuasan pelanggan  terpenuhi
    4. Data lebih akurat, sewaktu-waktu data dibutuhkan,  data dapat  tersaji  dengan cepat dan akurat
    Keuntungan bagi Dinas Kesehatan :
    § Manfaat pelaporan, semua data yang dientre bisa diakses dengan cepat dan akurat, menjadi bentuk laporan:
                            - lb1 penyakit
                            - laporan kunjungan
                            - dll.
    Simpustronik di Puskesmas Turi terus berkembang, awalnya sarana prasarana yang ada  hanya 4 unit komputer, sekarang semua poli dan rawat inap telah menggunakan Simpustronik, saat ini kami mempunyai 10 unit komputer untuk pelayanan dan jaringan LAN Dan Wifi.
    ·      

    0 comments:

    Posting Komentar